Jumat, 04 Mei 2012

dasar pemasaran

Toko Elektronik “Harapan Jaya”

Setiap perusahaan atau unit usaha sudah pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing didalam usahanya. Dan tentu saja mempunyai ancaman-ancaman yang akan mempengaruhi kegiatan usahanya. Suatu perusahaan atau unit usaha juga mempunyai 3 lingkungan didalamnya. Yang pertama lingkungan intern, kedua ekstern yang berada disekitar tempat usaha dan yang ketiga lingkungan diluar kegiatan usaha. Walaupun lingkungan diluar kegiatan usaha tidak ada kaitannya dengan kegiatan usaha, tetapi dampaknya sangat besar bagi suatu perusahaan atau unit usaha.

            Seperti judul artikel diatas, Toko Elektronik ”Harapan Jaya” termasuk dalam unit usaha. Toko Elektronik ”Harapan Jaya” menjual barang-barang elektronik seperti televisi, kulkas, mesin cuci dan sebagainya dengan berbagai merk yang ada dipasaran. Toko Elektronik ”Harapan Jaya” terletak di Sentul, Bogor. Toko Elektronik ”Harapan Jaya” juga mempunyai kelebihan dan kelemahan ditokonya.
Kekuatan Toko Elektronik ”Harapan Jaya” adalah sebagai berikut:
  • Tempatnya strategis.
  • Tempatnya bersih.
  • Menjual barang-barang subsitusi dan komplementer.
  • Karyawannya ramah-ramah
  • Menjual barang-barang yang tidak ada pada toko pesaing.misalnya home teater, lampu taman, lampu hias, dan sebagainya
  • Memberikan garansi toko dan pabrik
Kelemahan Toko Elektronik ”Harapan Jaya” adalah sebagai berikut :
  • Keamanannya masih kurang karena satpamnya hanya 1 orang..
  • Pesaingnya sudah semakin banyak karena barang yang dijual banyak dipasaran.

Toko Elektronik ”Harapan Jaya” mempunyai ancaman-ancaman yang akan mempengaruhi kegiatan usahanya. Ancaman-ancaman tersebut adalah :
  • Bisa mengalami kebangkrutan atau gulung tikar karena barang yang dijual bukan hasil buatan sendiri melainkan membeli lagi keagen atau distributor.
  • Kemalingan jika keamanan ditoko tersebut masih kurang diperhatikan.

Toko Elektronik ”Harapan Jaya” juga mempunyai lingkungan intern yang sangat mempengaruhi kegiatan usaha, yaitu :
Ø  Menetapkan harga.
Ø  Tenaga kerja.
Ø  Mencari lokasi yang strategis.
Ø  Keuangan
Ø  Administrasi

Selain lingkungan intern, lingkungan ekstern yang ada disekitar usaha juga mempengaruhi kegiatan usaha toko tersebut.
-  Konsumen
Memberikan promosi atau diskon agar menarik perhatian konsumen.

-  Pemasok
Memesan barang-barang elektronik ke distributor atau pemasok.
-  Lokasi Usaha
Karena banyak pesaing yang menjual barang yang sama dengan toko tersebut, maka harus membuka usaha ditempat yang strategis dan ramai dikunjungi konsumen.contohnya pasar.

Lingkungan yang berada diluar kegiatan usaha adalah :
-  Pemerintah
Menetapkan pajak usaha yang sesuai dengan hasil pendapatan toko.
-  Teknologi
Teknologi yang semakin berkembang, memungkinkan pesaing lain memanfaakan sistem internet atau online dalam mernjual barang dagangannya untuk lebih efisien dan memuaskan konsumen, sehingga usaha tersebut ini pun harus mengikuti perkembangan jika tidak ingin kehilangan pelanggan.

Peluang usaha yang ada di Toko Elektronik “Harapan Jaya” :
  • Jika usaha nya maju dan lancar, bisa membuka cabang baru ditempat-tempat lain.
  • Memdapatkan laba yang banyak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar